BUAH PELARUT KOLESTEROL

Posted: 26 Januari, 2011 in ARTIKEL

 

Kelebihan kolesterol jahat yang berlebihan dapat memblok aliran darah menuju otak, sehingga dapat menimbulkan stroke atau jantung koroner, tetapi sebenarnya, kolesterol berguna untuk pembentukan membran sel dan produksi hormon.

Untuk mencegahnya terjadinya kelebihan kolesterol jahat, baiknya mengkonsumsi empat jenis buah dan sayur berikut ini:

Kacang kedelai
Kandungan yang terdapat pada kacang kedelai yaitu pektin dan stanol ester, berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara kerja stanol ester dan pektin hampir mirip, yaitu mencegah penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

Sementara vitamin E yang yang terkandung di dalamnya tergolong antioksidan bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah, sehingga dapat mencegah terjadinya atherosclerosis. Mengkonsumsi tempe rata-rata 25 gram per hari dapat menurunkan jumlah LDL dalam darah.

Apel
Salah satu kandungan gizi apel yang bermanfaat adalah seratnya. Buah ini punya dua jenis serat, serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh (insoluble fiber) dan serat yang dapat dicerna (soluble fiber). Jenis soluble fiber yang dominan pada apel adalah pektin, kandungannya mencapai 81%.

Insoluble fiber berkhasiat mencegah penyakit kanker, soluble fiber membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Adanya pektin membuat kolesterol yang berasal dari makanan (seperti dari daging-dagingan, susu, telur) tidak bisa �jalan-jalan� ke saluran pembuluh darah. Pektin akan mengikat kolesterol dan membuatnya tetap berada dalam usus dan kolesterol akan dibuang dari dalam tubuh melalui feces.

Anggur merah
Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik. Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

Wortel
Wortel juga mengandung kalsium pektat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, seperti halnya pectin (pektin) dari apel. Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi 700 gram wortel sehari selama 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 11%.

Beta karoten yang terkandung dalam wortel adalah senyawa antioksidan. Seperti vitamin C, senyawa ini berguna untuk mencegah oksidasi LDL sehingga dapat membantu mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah jantung tersumbat. (Drl/Berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s